Safety Patrol

safetytalk.gif

Di dalam Sistem Manajemen K3 (SMK3) sesuai Permenaker No.05/MEN/1996, kegiatan safety patrol merupakan bagian dari implementasi elemen 4.1. INSPEKSI DAN PENGUJIAN, yang pada pokoknya bertujuan menjamin terlaksananya sistem manajemen K3 di dalam kegiatan operasional sehari-hari di seluruh bagian perusahaan tanpa kecuali.

Kegiatan operasional safety patrol di perusahaan berpedoman kepada rencana mutu K3L yang sudah dibuat oleh masing-masing unit kerja.

Beberapa rekaman inspeksi K3 di kantor :

1. Housekeeping yang sangat buruk

sp2-03-2008_resize.jpg

sp3-03-2008_resize.jpg

sp4-03-2008_resize.jpg

2. Instalasi kabel yang amburadul, berpotensi terjadinya bahaya hubungan pendek/kebakaran

sp5-03-2008_resize1.jpg

sp7-03-2008_resize.jpg

3. Barang-barang yang diletakkan di jalur evakuasi akan mengganggu proses evakuasi jika terjadi keadaan darurat

sp6-03-2008_resize.jpg

4. Perilaku buruk merokok di dalam ruangan ber-AC masih dilakukan segelintir karyawan yang tidak disiplin (diperagakan oleh “model”)

pic34.gif

sp1-03-2008_resize.jpg

 

 

 

35 komentar di “Safety Patrol

  1. Dijumpai di Safety Patrol tgl 28 Maret 08 rekan kita merokok dengan tenangnya di dalam ruangan kerja padahal beliau seharusnya jadi suri tauladan, mungkin yang ada di dalam pola fikir beliau “Aturan Dibuat Untuk Dilanggar” kali yau?
    Maafkan , kami pak. ayok kita sama-sama mentaati peraturan. Kita beri contoh yang baik adik / junior kita.

  2. Aku jadi bertanya-tanya, apakah situs ini diketahui oleh para pimpinan senior di BAP.

    Kalau direstui, sungguh para senior leader di BAP telah membuat gebrakan yang luar biasa.

    Salam

    eshape

  3. Situs ini memang murni prakarsa dari “bawah” tetapi semua Direksi tahu dan bahkan membuat surat ke seluruh Indonesia (Kantor Pusat/Wilayah/Cabang/Proyek/Divisi) untuk me-“launching” situs ini, dan dalam setiap Rapat di Tingkat Perusahaan (RAKER/RAKON) sudah mulai menampilkan apa/bagaimana penerapan K3 di BAP. Kita memang sengaja membuat situs sederhana ini tidak terbatas untuk BAP saja, tetapi untuk siapa saja yang mencintai K3. Banyak sekali materi yang akan saya tampilkan dalam situs ini, tinggal waktu saja yang menjadi kendala karena kesibukan lainnya juga uakeeeh banget je…..

  4. kalo masalahnya waktu, mungkin temen-temen yang diluar PT. Brantas Abipraya dapat menyumbangkan materi-materi K3, sehingga web site ini bisa jadi sumber K3 bagi semua orang

  5. Setuju mas khairul, …. masalah K3 menurut saya tidak perlu dikotak-kotak di satu perusahaan saja. Ini masalah manusia, masalah kita bersama, .. tidak ada yang perlu dirahasiakan kalau itu menyangkut keselamatan dan kesehatan kerja. Seperti kata mas eko dari Waskita Karya, kalau kita memberi maka yang akan kita peroleh akan lebih banyak dibandingkan dengan apa yang kita berikan ke orang lain.

    Tks
    barjono@yahoo.com
    barjono@gmail.com
    barjono@brantas-abipraya.com

    • Setuju pak Barjono… apapun bendera kita yg paling abstrak adalah bendera K3 karena dimanapun kita bernaung yang paling utama adalah “Keselamatan dan Kesehatan Kerja”

      salam K3

      • dimanapun, diruma, dikantor maupun ditempat2 yang resiko bahaya sangat tinggi,sedang,kecil K3L (keselamatan dan kesehatan kerja serta lingkungan ) harus kita jaga sesuai dengan Iso 14001 dan Ohsas 18001

  6. 1.adakah tips2 memantau unsafe action dan unsafe condition secara tektis di lapangan (tidak hanya faktor jam terbang)
    2.Bagaimana membuat joint patrol lebih fun untuk para anggota?

    trims

  7. mungkin kita tidak bisa membeikan sumbangan yang bersifat materi kepada orang lain karena keterbatasan kkita,tapi dengan memberikan contoh yang baik dengan kepada orang lain dengan perilaku kita,itu sudah suatu ujud niat kita memberikan hal yang baik untuk orang lain.

  8. keselamtan bukan untuk kita sendiri tapi kita juga harus mekirkan keselaman orang lain. Keselamatan datang dari kita sendiri bukan dari orang lain.

  9. Artikel ini menyadarkan kepada kita batapa pentingnya hal sekecil itu disadari oleh orang.

    artkel ini membudayakan keselamatan untuk orang Indonesia.

    goooooood …

  10. Semoga teman-teman praktisi K3 diseluruh indonesia mempunyai semangat juang yang tinggi untuk menciptakan budaya K3 disemua perusahaan yg ada di Indonesia

Tinggalkan komentar