Bahaya Merokok


Bebarapa waktu yang lalu, Direktur Utama PT Brantas Abipraya selaku Ketua P2K3 telah mencanangkan area bebas asap rokok di seluruh area kerja/operasional perusahaan di manapun berada ( lihat surat No. 02/P2K3/IV/2008 tanggal 4 April 2008 ). Upaya ini patut kita acungi jempol mengingat setiap karyawan berhak mendapatkan udara bersih, sedangkan rokok mengandung bahan/senyawa kimia yang membahayakan kesehatan bagi orang-orang yang menghirup asapnya sekalipun dia bukan perokok.

Mungkin anda sudah tahu bahwa menghisap asap rokok orang lain di dekat anda lebih berbahaya bagi anda daripada bagi si perokok itu sendiri. Asap Utama adalah asap rokok yang terhisap langsung masuk ke paru-paru perokok lalu di hembuskan kembali. Asap Sampingan adalah asap rokok yang dihasilkan oleh ujung rokok yang terbakar.

Masalahnya adalah, udara yang mengandung asap rokok, dan anda hisap, akan mengganggu kesehatan, karena asap rokok mengandung banyak zat-zat berbahaya, diantaranya :

TAR : Mengandung bahan kimia yang beracun, sebagainya merusak sel paru-paru dan meyebabkan kanker.

KARBON MONOKSIDA (CO) : Gas beracun yang dapat mengakibatkan berkurangnya kemampuan darah membawa oksigen.

NIKOTIN : Salah satu jenis obat perangsang yang dapat merusak jantung dan sirkulasi darah, nikotin membuat pemakainya kecanduan.

Bila anda berada di ruangan berasap rokok cukup lama, maka ketiga zat beracun di atas akan masuk ke paru-paru anda.

Selama beberapa tahun terakhir, para ilmuwan telah membuktikan bahwa zat-zat kimia yang dikandung asap rokok dapat mempengaruhi orang-orang tidak merokok di sekitarnya. Perokok pasif dapat meningkatkan risiko penyakit kanker paru-paru dan jantung koroner. Lebih dari itu menghisap asap rokok orang lain dapat memperburuk kondisi pengidap penyakit :

ANGINA : Nyeri dada akibat penyempitan pembuluh darah pada jantung.

ASMA : Mengalami kesulitan bernafas.

ALERGI : Iritasi akibat asap rokok.

Gejala-gejala gangguan kesehatan : iritasi mata, sakit kepala, pusing, sakit tenggorokan, batuk dan sesak nafas.Wanita hamil yang merokok atau menjadi perokok pasif, meyalurkan zat-zat beracun dari asap rokok kepada janin yang dikandungnya melalui peredaran darah. Nikotin rokok menyebabkan denyut jantung janin bertambah cepat, karbon monoksida menyebabkan berkurangya oksigen yang diterima janin. Anak-anak yang orangtuanya merokok menghadapi kemungkinan lebih besar untuk menderita sakit dada, infeksi telinga, hidung dan tenggorokan. Dan mereka punya kemungkinan dua kali lipat untuk dirawat di rumah sakit pada tahun pertama kehidupan mereka. Banyak orang tahu bahaya merokok, tapi tidak banyak yang peduli.

Melihat bahaya-bahaya yang dapat ditimbulkan rokok, kiranya diantara kita perlu bahu-membahu berbuat tiga hal utama :

Komunikasi dan informasi tentang bahaya merokok, baik bagi si perokok langsung maupun perokok pasif.

Menyediakan tempat-tempat khusus bagi orang yang merokok agar yang bukan perokok tidak terkena dampak negatifnya.

Jangan merasa segan untuk menegur perokok, jika anda merasa terganggu.

 

2 Tanggapan

  1. Assalamu alaikum wr wb

    Alhamdulillah di tempat kerja saya sudah disediakan smooking area. Para karyawan memanfaatkan tempat tersebut, namun masih ada 1 – 2 orang saja yang kadang-kadang lupa.

    Wassalam

  2. Mas Jaswadi
    Selamat mas,memang merubah kebiasaan sama merubah budaya itu berat, perlu waktu dan kesabaran, Syukur alhamdulillah kalau teman-teman cuma lupa mas, yang repot kalau mereka sengaja atau ngledek Petugas K3L ,ya kita hanya bisa sabar istighfar dan da’akan semoga mereka sadar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: