Audit K3 Dipertimbangkan Setiap Tiga Bulan


Kamis, 13 Maret 2008 | 01:05 WIB

Jakarta, Kompas – Pemerintah saat ini tengah mempertimbangkan mengaudit implementasi sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja atau K3 setiap tiga bulan.

Hasil audit akan segera diumumkan agar perusahaan yang memiliki sistem manajemen K3 buruk bisa memperbaiki diri.

”Kami akan percepat pelaksanaan audit K3 di perusahaan-perusahaan dari yang selama ini berjalan setahun sekali menjadi tiga bulan atau enam bulan sekali. Saya akan membahasnya dengan pemangku kepentingan,” kata Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Erman Suparno di sela- sela penyerahan penghargaan K3 terbaik untuk 151 perusahaan di Jakarta, Rabu (12/3).

Langkah ini diambil untuk menekan tingkat kecelakaan kerja menjadi 45.000-an kasus pada tahun 2008. Audit periodik diharapkan bisa meningkatkan kesiagaan perusahaan menghadapi potensi kecelakaan kerja.

Terus membaik

Saat menyerahkan penghargaan K3 secara simbolis kepada 25 dari 151 perusahaan di Istana Wapres, Rabu pagi, Wakil Presiden Jusuf Kalla memuji terus meningkatnya K3 dari tahun ke tahun. Dengan makin membudayanya K3, Wapres berharap angka kecelakaan kerja tahun ini dapat turun 50 persen dari tahun 2007 yang mencatat adanya sekitar 65.000 kasus kecelakaan.

Untuk meningkatkan K3, Wapres menyebut tiga hal yang harus dilaksanakan dengan ketat. Pertama, pembuatan aturan oleh pemerintah dan peraturan internal perusahaan. Kedua, melaksanakan aturan dengan disiplin. Ketiga, membudayakan keselamatan dan kesehatan kerja. ”Di negara-negara maju, seperti Jepang, keselamatan kerja jadi budaya. Untuk memulai budaya itu dengan disiplin, direksi dan manajer harus memulai terlebih dahulu,” ujarnya.

Salah satu peraih penghargaan K3, Direktur Utama PT Anugerah Langkat Makmur (Alam) Musa Rajekshah mengatakan, nihil kecelakaan sangat menentukan produktivitas dan kualitas kerja.

Perusahaan produsen minyak sawit mentah (CPO) ini mempekerjakan sebanyak 134 karyawan. ”Kami menekankan sikap disiplin karyawan terhadap kesehatan dan keselamatan kerja. Implementasi K3 merupakan hal terpenting dalam aspek produksi kami,” ujar Musa.

7 Tanggapan

  1. Assalamu alaiaikum wr wb

    Saya senang sekali bisa comment di sini. KOPKAR Usaha Bakti pernah menjalin kerja sama dengan PT BAP tentang sewa alat berat ± 3 tahun. Semoga berkenan untuk menularkan kepada saya, bagaimana cara mendaftarkan blog ke Google search engine. Terima kasih, semoga PT Brantas tetap jaya. Amin

    Wassalam
    Jaswadi

  2. Wass wr wb
    Untuk mendaftarkan ke search engine google dan yahoo silahkan kesini :
    http://www.google.co.id/intl/id/add_url.html
    http://submit.search.yahoo.com/
    Ikuti petunjuk yang ada di website tersebut.

  3. terima kasih atas info Bapak, mohon info berapa hari atau minggu blog kita akan tampli di google search engine? karena punya saya sudah hampir 2 minggu tapi belum muncul.

  4. sebenarnya apa yang menyebabkan audit k3 itu terjadi dan bagaimana cara mengatasi agar audit k3 bisa berjalan dengan baik?

  5. Audit perlu dilakukan untuk menjamin Sistem Manajemen K3 sudah dilaksanakan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan, baik itu yang tercantum dalam manual mutu, rencana mutu K3 dan prosedur/petunjuk kerja K3.
    Kunci kesuksesan audit kembali kepada sistem audit yang ada serta kemampuan penguasaan auditornya.

  6. ass….
    adakah yang bisa membantu saya…
    saya sedang menyusun program kerja k3 untuk lingkungan kampus, ada yang punya contohnya???
    kalau ada tolong dong… bisa diemail
    thaxs b4
    wass…..

  7. Good, dan makasih buat moving image-nya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: