Bahaya Di Tempat Kerja


Bahaya di tempat kerja adalah segala sesuatu di tempat kerja dan sekelilingnya yang dapat melukai anda, baik secara fisik maupun mental.

Bahaya terhadap keselamatan adalah yang dapat mengakibatkan kecelakaan dan luka secara langsung. Contoh : benda-benda panas dan lantai yang licin.Bahan kimia berbahaya adalah gas, uap, cairan, atau debu yang dapat membahayakan tubuh.
Contoh : bahan-bahan pembersih atau pestisida.

Ancaman bahaya lainnya adalah hal-hal berbahaya, yang belum termasuk dalam katagori diatas, yang dapat melukai atau mengakibatkan sakit. Bahaya ini terkadang tidak tampak jelas karena tidak mengakibatkan masalah kesehatan dalam jangka waktu yang relatif pendek. Contoh : kebisingan, penyakit menular, atau gerakan yang berulang-ulang.

Pekerja tidak dapat dilindungi apabila bahaya yang ada belum diidentifikasi dan dievaluasi. Berbagai metoda untuk melindungi pekerja atau pengendalian bahaya telah diciptakan. Ada tiga jenis pengendalian, yakni :
1.
Pengendalian Teknik
2.
Pengendalian Administratif
3.
Peralatan Pelindung Pekerja
Semua tipe pengendalian ini dapat digunakan secara bersamaan, tapi prioritas harus diberikan kepada pengendalian teknik sebelum metoda pengendalian yang lain diaplikasikan.Pengendalian adminitratif dan peralatan pelindung pekerja sebaiknya tidak diaplikasikan sebelum pengendalian teknik dicoba, atau jika pengendalian teknik tidak mungkin dilakukan. Perlu diingat bahwa yang terbaik untuk melindungi pekerja adalah : KENDALIKAN BAHAYA YANG ADA, BUKAN PEKERJANYA.

About these ads

14 Tanggapan

  1. Dengan tidak ada yang berkomentar ,semoga teman-teman di lapangan yang menjalankan aturan K3L benar-benar telah faham akan K3L.
    Semoga K3L tidak hanya menjadi slogan saja!
    Bapak-bapak Direksi nyuwun sesekali (non skedule) tindak lapangan (proyek) pak! Monggo dipun pirsani penerapan K3L ing lapangan?
    SAFETY FIRST !

  2. simpel tapi penting…………….

  3. barangkali di isap pale nya.. baru paliu.

  4. Tapi bukankah unsafe condition hanya menyumbang 4% dari seluruh kecelakaan kerja yang ada, sisanya 96% justru dari Unsafe Act.

  5. TAPI JANGAN HANYA TEORI, TAPI LEBIH PENTING IMPLEMENTASI DI LAPANGAN. OK!

    • yaaa teori itu pasti perlu lah..
      tanpa adanya teori serta pengetahuan yang cukup gimana caranya kita implementasi..

  6. Teknik pengendalian yang lebih di kenal dengan sebutan hierarki of control,terdiri dari lima jenis pengendaliannya. yaitu :
    1.subtitution ( Mengganti )
    2.elimination ( Menghilangkan )
    3.engineering ( teknik )
    4.administratif
    5.PPE (Personal Protective Equipment ) / APD (Alat Pelindung Diri)

    trims n_n

    • ya betul sih pak ade, namun
      pengendalian yang paling baik
      didahulukan adalah eliminasi
      (peniadaan) itupun bila mungkin, bila
      tidak baru lanjut ke subtitusi..dst-
      nya

  7. Yepp…bagus, aku sekarang baru mulai belajar k3L. lumayan, ketelatenan sangat diperlukan!!terutama sih kesadaran …yah sok pinter diriku…

  8. saya sangat suka kata2 Anda “dapat melukai anda, baik secara fisik maupun MENTAL”, ya mental atau psikis jarang disebut2 dalam K3 padahal itu bisa terluka jg dan bukankah mental memang bagian dari ilmu kesehatan atau safety, ada satu tulisan yg kurang lebih senada dgn ini di blog saya bahwa safety engineering, K3 atau sejenisnya tak hanya selalu ttg fisik

    http://ergonomi-fit.blogspot.com/2011/06/antropometri-apakah-hanya-mengukur.html

  9. kurang bangttt

  10. ya betul sih pak ade, namun pengendalian yang paling baik didahulukan adalah eliminasi (peniadaan) itupun bila mungkin, bila tidak baru lanjut ke subtitusi..dst-nya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 39 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: